Welcome!

Welcome!

Selasa, 29 Mei 2012

Cloud Computing, Apa itu?


Cloud computing, atau komputasi awan merupakan sistem komputer yang berbasis internet.
Jadi, akan ada server yang berfungsi sebagai penyedia sumber daya, perangkat lunak, dan informasi untuk perangkat lain (komputer lain) sesuai permintaan.Cara kerjanya mirip dengan jaringan listrik.




Sebagian orang menganggap cloud adalah semacam teknik virtualisasi komputer, sehingga satu atau beberapa komputer bisa dibuat menjadi banyak virtual komputer. Ada juga yang menganggap cloud tidak ada bedanya dengan VPS (virtual private server), di mana VPS ini adalah teknologi yang sudah ada dari beberapa tahun yang lalu.  Pada dasarnya pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah, karena virtualisasi memang merupakan salah satu komponen dari cloud computing.
Pada komputasi awan, internet digunakan sebagai penyedia kebutuhan komputasi penggunanya. 
Cloud computing menyajikan teknologi informasi sebagai suatu layanan, tanpa mengetahui apa yang ada di dalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Dengan kata lain, sistem ini akan mempermudah para penggunanya.

Saat ini, cloud computing sudah banyak digunakan. Salah satunya, dalam bisnis online shopping. Cloud computing akan menyimpan semua informasi yang dibutuhkan secara permanen di server internet dan tersimpan sementara di perangkat penggunanya.

Hati-hati, cloud computing bisa menyebabkan ketergantungan. ^^




credits: cozy, wikipedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar